Ingin Jadi Pendekar SEO? Baca Ini Dulu !!!

Tulisan ini saya persembahkan buat teman teman blogger semua yang ingin mendalami ilmu SEO. banyak sekali yang tidak tahu apa arti dan tujuan dari SEO? menurut pengamatan saya SEO adalah serangkaian cara, teknik dan tips yang dikerjakan secara sistematis dan terpadu untuk membuat tulisan atau postingan di blog atau website sobat nangkring #1 di halaman mesin pencari seperti seperti +Google+Yahoo! dan lainnya dengan tujuan menarik pengunjung sebanyak banyaknya dari mesin pencari tersebut.

Proses untuk mendalami SEO cukup panjang dan membutuhkan pengetahuan dan ketajaman logika yang tidak dimiliki semua orang. oleh karenanya ilmu SEO bisa dikatakan seperti ilmu hikmah, misterius bahkan dianggap ilmu laduni.

Jika sobat benar-benar seorang pemula dalam hal SEO, saya sangat yakin ada kalanya sobat akan sangat dibuat pusing tujuh keliling oleh proses proses ketika belajar tentangnya. Tapi jangan khawatir, sobat tidak sendirian. semua newbi di bidang ini akan mengalami hal seperti itu, termasuk saya ketika pertama kali mengenal SEO.


Mengapa perlu mendalami SEO?

Anggaplah sobat ingin menawarkan jasa atau produk dagangan di dunia internet, dan sebagai langkah awalnya sobat membuat sebuah blog atau website.

Apakah hanya cukup dengan membuat blog terus postingan sobat di blog tersebut akan langsung muncul di halaman pertama hasil pencarian Google? jawabnya 100% No Way !!!

Perlu sobat ketahui ada jutaan orang yang menawarkan jasa atau produk dagangan di dunia maya, mungkin ada ribuan orang yang serupa menawarkan jasa dan dagangan seperti anda. sedangkan halaman pertama hasil pencarian mesin pencari seperti Google lazimnya hanya ada 10 kursi saja. pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar kita bisa menduduki salah satu 10 kursi tersebut?

Intinya, sobat harus memberikan alasan yang tepat kepada mesin pencari kenapa mereka harus memberikan tempat terbaik di hasil pencariannya untuk blog atau website sobat. jika sobat tidak bisa memberikan alasan yang tepat untuk itu, maka jangan harap blog sobat akan menmperoleh kursi apalagi duduk manis di halaman pertama mesin pencari.




Kesimpulannya, seperti itulah SEO yang sebenarnya.. sebuah pertandingan yang diikuti jutaan peserta untuk meraih juara #1 di halaman pertama hasil pencarian.



Disini saya tidak akan menjelaskan sesuatu tentang SEO yang ribet seperti yang dijelaskan teman teman blogger yang lain. menurut hemat saya SEO adalah Postingan + Backlink + Template

Postingan adalah sesuatu yang kita tulis kemudian kita postingkan di blog atau website kita, Backlink adalah link yang di tanamkan di blog atau website lain dan Template adalah sebuah tempat atau rumah bagi postingan kita.

Sebagus apapun kualitas postingan tanpa disertai sebuah backlink dan rumah yang bagus hasilnya 0, akan tetapi backlink tanpa postingan yang berkualitas dan tanpa rumah yang bagus hasilnya mungkin bisa 1/2, sedangkan postingan berkualitas + backlink berkualitas + rumah istimewa = 1. saya ibaratkan backlink adalah seorang suami dan postingan adalah seorang istri, seorang suami harus menafkahi istrinya dengan memberikan backlink yang banyak dan berkualitas. seorang istri wajib mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan rumahnya (template) secara baik dan kontinyu termasuk menghiasinya dengan postingan yang berkualitas. jika hal tadi bisa dilaksanakan dengan sinergis saya yakin hasil yang diperoleh akan sempurna.

Template ibarat rumah, jika rumah kita bersih, wangi dan nyaman tentunya para tamu akan datang dan betah berlama lama di rumah kita. sebaliknya, jika rumah kita kotor, berdebu dan baunya tidak enak saya yakin, tamu itu tidak akan betah tinggal berlama lama di rumah kita. Ingat, crawler juga mendeteksi rasio pentalan tamu yang sudah mengetuk pintu rumah kita tapi tidak jadi masuk, atau sudah masuk rumah kita tapi hanya sebentar, dan itu akan menjadi pertimbangan yang serius dalam perangkingan di serp.

+Blogger.Com ibarat ketua RW, sedangkan +Google adalah kepala desa, sesuai dengan hukum adat, jika pasangan suami istri itu rumahnya bagus serta pemiliknya ramah dan baik pada para tamu, maka kepala desa akan memberikan sebuah penghargaan berupa Pagerank. suami yang bisa menafkahi istri dengan backlink yang bagus dan banyak juga akan menerima penghargaan tersebut.

Semoga sobat sudah bisa memahami analogi saya diatas. perlu sobat ketahui, bahwasanya postingan yang berkualitas tanpa backlink hasilnya adalah 0. ada salah satu teman saya yang postingan blognya sedikit dan tidak bermutu, templatenya juga biasa saja tapi pageranknya 8 (tidak heran karena dia seorang desainer web dan hasil desainernya banyak dipakai di domain edu untuk kemudian dia memasang link blognya di setiap footer hasil karyanya) ada juga teman yang postingannya bagus templatenya istimewa pengunjungnya berlimpah tapi sudah 5 tahun pageranknya tetap saja 4.

Pagerank bukanlah jaminan blog sobat akan menang dan tampil sebagai #1 di search mesin pencari. sesuai dengan apa yang sudah dinyatakan oleh Pak +Matt bahwa "Pagerank adalah 1 dari 200 lebih faktor yang Google ambil untuk meranking sebuah website atau blog di SERP." intinya kita jangan terobsesi untuk mengejar Pagerank. karena tujuan utama SEO adalah menarik pengunjung sebanyak banyaknya dari mesin pencari.

Jika sobat memang terobsesi untuk mendapatkan Pagerank yang tinggi, Backlink yang berkualitas adalah kuncinya, tidak perlu posting yang istimewa, blog tanpa postingan pun bisa mendapatkan pagerank tinggi hanya bermodalkan backlink. silahkan tanam link sobat di domain edu dan gov yang sudah saya sediakan di Get Backlink.

Jika sobat menginginkan pengunjung yang betah berlama lama, Postingan Berkualitas + Template SEO friendly adalah jawabannya. sebelum memulai untuk menulis postingan yang berkualitas, sobat harus terlebih dahulu menguasai apa yang akan ditulis. perhatikan juga cara menulis yang baik dan benar menurut aturan +Google Indonesia dan untuk template SEO friendly bisa sobat cari dengan search +Googling.

Jika sobat ingin pagerank + pengunjung yang banyak dan betah berlama lama, maka  SEO Postingan + Backlink + Template adalah jawaban yang sangat realistis.



Penjelasan saya tentang SEO diatas sudah sangat jelas, sekarang saya ingin bertanya, apa dan bagaimana yang sobat inginkan?









Post Comment

Back To Top Ingin Jadi Pendekar SEO? Baca Ini Dulu !!!