Cara Saya Mengatasi Spam Di Komentar

Banyak sekali para penggiat dunia internet, khususnya blogger dan sejenisnya. yang memasang kode captcha di kotak komentarnya. setiap pengunjung yang ingin berkomentar di postingannya harus mengetikkan beberapa kata. menurut saya hal ini akan berkesan kurang baik dan komentator akan menjadi tidak nyaman. begitu juga dengan saya, jika ingin berkomentar di blog lain dan blog itu memasang captcha kadang saya tidak jadi berkomentar, apalagi komentar saya harus di moderasi dulu, langsung seketika itu juga saya close blognya. Hehe

Perlakukan sebagaimana engkau ingin diperlakukan, kata-kata seperti ini seringkali kita dengar. sebagaimana jika saya tidak suka dengan orang yang memasang captcha dan moderasi di blognya, maka saya pun tidak akan memasang captcha serta momoderasi komentar di blog saya. coba lihat pengaturan blog SEO Tools ini di pengaturan komentar.


Dengan settingan seperti diatas, sepertinya memang tidak nyaman bagi pemilik blog, tapi menurut saya setting seperti itulah yang terbaik buat saya. karena dengan hal itu pembaca akan loyal terhadap blog kita. saya yakin dengan cara seperti ini blog kita sudah dianggap seperti rumah sendiri oleh mereka.

Terus bagaimana jika ada salah satu dari visitor yang memasang live link di komentar? itu kan tidak baik untuk masa depan SEO blog kita?

Jawabnya simple:  ya dihapus saja live linknya, tapi biarkan nama komentatornya tetap ada.

Kenapa nama komentatornya tetap dibiarkan ada?

Karena hal ini akan menandakan bahwa pemilik blog masih sayang dengan blognya dan visitor lain yang berniat menaruh live link tidak akan jadi menaruh live link. karena sudah melihat tulisan seperti dibawah ini


http://seotoolsoft.blogspot.com/



Lalu apakah aman dengan settingan seperti settingan saya diatas?

Pastinya aman, saya jamin komentar spam yang datangnya dari software bot atau auto comment akan masuk kandang spam secara otomatis, lihat gambar dibawah ini



Komentar spam diatas bukan saya yang memindahkan ke kandang spam, tapi dari pihak blogger sendiri. dan jika komentar itu bukan datang dari software bot maka akan muncul di kotak komentar yang bukan spam. hal ini sangat menguntungkan bagi blog kita karena software bot atau auto comment pasti munculnya dari hasil scrape mesin pencari seperti Google. dan semakin banyak uv masuk ke blog kita maka semakin bagus pula ranking blog kita di mesin pencari.

Kemudian Bagaimana dengan pernyataan +Matt Cutts tentang bahayanya Link Scheme di kotak komentar?

Jawabnya: selama Blogger.Com masih menyediakan kotak nama + url di komentar maka selama itulah kita masih diperbolehkan untuk memasang nama + url.  menurut saya berkomentar dengan itu sah sah saja dan hal ini sama sekali tidak akan membahayakan bagi blog selama pengaturan di template masih nofollow untuk komentar. yang jelas jelas membahayakan adalah komentator yang membati buta memasang link live di komentar postingan kita dengan memakai kode "rel=follow". sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah spammer spammer komentar, seperti dengan cara memasang script ataupun di setting ke moderasi dan captcha. tapi saya memilih dengan cara saya sendiri, tentunya dengan berbagai pertimbangan yang sudah saya jelaskan diatas.

Menurut pengamatan saya ada banyak alasan kenapa Matt Cuts menyatakan tentang bahaya link scheme, salah satunya adalah kampanye untuk menggunakan Google Plus. dan itu itu adalah jawaban yang tepat kenapa default setting di kotak komentar urutan pertama yang muncul selalu account Gplus.



Mengenai pendapat Matt tentang link scheme yang lain masih bisa diakali juga kok, jangan khawatir, saya akan berikan satu tips yang super ampuh untuk sobat semua. simak dengan dengan baik penjelasan saya dibawah ini:

Jika ingin berkomentar di suatu postingan baik wordpress atau blogger, berkomentarlah dengan menggunakan format nama + url. akan tetapi di kotak nama jangan tulis nama blog sobat tapi tuliskan nama persis seperti di profile +Google sobat. misalnya +Enny Sastoro (profil Gplus saya) maka saya akan memakai nama Enny Sastoro di kotak nama. kemudian untuk url saya akan menuliskan nama blog saya. pengalaman saya memakai cara seperti ini terbukti ampuh bisa mendatangkan backlink yang super berkualitas dari google dan backlink seperti ini hanya bisa dicek dengan keyword link:blogsobat.com di search google.





Post Comment

Back To Top Cara Saya Mengatasi Spam Di Komentar