Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat

Bagi seorang blogger yang benar-benar ingin menekuni ilmu SEO, bounce rate merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dan ini akan selalu menjadi momok yang paling menakutkan bagi mereka. untuk postingan kali ini saya akan membagikan Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat. simak baik baik penjelasan saya di bawah ini.

Apa itu Bounce Rate?

Bounce rate adalah persentase kunjungan pada satu halaman dimana pengunjung masuk kemudian pergi dari halaman tersebut. bisa dikatakan pengunjung hanya melihat 1 halaman kemudian langsung ngeloyor pergi dari website atau blog sobat. bounce rate akan dijadikan tolak ukur untuk mengetahui seberapa besar kualitas kunjungan visitor di sebuah website ataupun blog. data valid bounce rate adalah indikator kesuksesan sebuah blog karena bounce rate akan menunjukkan apakah pengunjung tertarik dengan informasi yang diberikan atau tidak.

Bagaimana Cara Melihat Persentase Bounce Rate?

Bounce rate dapat kita lihat dan cermati di alat atau tool penilai traffic website seperti Alexa Traffic Rank, Google Analytics dan lainnya.

Untuk google analytic buka https://www.google.com/analytics/web/#report/visitors-overview
Untuk alexa buka http://www.alexa.com/siteinfo/seotoolsoft.blogspot.com

Seperti Apa Bounce Rate yang Baik?

Semakin kecil persentase bounce rate sebuah blog maka semakin baik pula kualitas blog tersebut. bounce rate yang rendah menandakan bahwa sebuah blog atau website diminati oleh pengunjung sehingga pengunjung tidak hanya melihat satu halaman dari blog anda melainkan juga membuka halaman-halaman yang lainnya. ada yang mengatakan bahwa bounce rate yang baik adalah bounce rate yang berkisar sekitar 20 %. namun jangan langsung menilai sebuah blog itu itu buruk jika bounce ratenya tinggi. karena jika sebuah blog atau website tersebut memang hanya punya satu halaman, sudah pasti bounce rate nya  100 %.

Jika sobat sudah paham dengan apa maksud dan arti bounce rate yang saya jelaskan diatas, saya akan berbagi Cara Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat. perhatikan dengan baik tips-tips di bawah ini

Perhatikan Loading Blog
Sebuah blog atau website yang ringan loadingnya akan membuat visitor betah berlama lama untuk mampir dan membaca seluruh isi postingan blog sobat. saran saya pilihlah template yang ringan agar visitor tidak merasa jenuh, karena saya yakin, tidak ada seorang pun yang ingin berlama lama menunggu. apalagi menunggu loading sebuah blog, termasuk saya, jika mengunjungi blog yang loadingnya berat maka tanpa ba bi bu blog atau website tersebut akan langsung saya close seketika. sebaik apapun postingan tapi loadnya lemot adalah 0 besar. karena menunggu adalah sesuatu yang paling menyebalkan.

Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat
youtube.com dengan background putih


Loading blog yang lemot bisa dikarenakan banyak hal, ada yang karena template blog tersebut memasang banyak javascript. ada yang karena banyak sponsor berupa gambar-gambar dan widget yang tidak dibutuhkan, seperti jam, kalkulator, kalender dan lain sebagainya.

Saran saya pilihlah template yang ringan seringan mungkin. sebelum sobat memulai untuk memilih template, coba dulu cek demo template tersebut agar kita tahu seberapa cepat loadingnya. silahkan cek di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ jika score dibawah 90 lebih baik jangan di download. atau barangkali sobat ingin template seperti yang saya pakai ini silahkan menuju ke postingannya di Template SEO Tools V.2

Perhatikan Background Blog
Warna latar atau background sebuah blog memiliki pengaruh yang penting bagi pengunjung blog atau website tersebut. percaya atau tidak pemilihan warna yang tepat dapat membuat banyak perbedaan kepada bounce rate blog sobat. warna yang bersahabat akan membuat pengunjung betah berlama-lama membaca postingan di blog.

Warna yang bagus adalah warna dari website dan blog yang persentasi bounce ratenya paling rendah. karena hal itu merupakan bukti yang valid jika website tersebut sering dikunjungi oleh visitor. urutan pertama dari website yang bounce ratenya rendah menurut alexa adalah: Google, Facebook, Blogspot, YouTube, Blogger, Yahoo!, silahkan amati gambar dibawah ini


Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat
Google

Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat
Facebook


Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat
Blogger



Semua website diatas menggunakan background putih atau #fff dalam bahasa kode html. hal ini menunjukkan bahwa mata pengguna dunia internet sudah terbiasa dan enjoy dengan warna background tersebut. saran saya pilihlah warna putih dengan teks yang tidak terlalu gelap. hal ini akan menjadikan visitor senang berlama lama mampir di blog sobat.

Perhatikan Judul Postingan Blog
Semakin menarik judul postingan maka semakin penasaran pengunjung blog untuk melihat apa isi informasi yang ditawarkan. contoh dari judul yang menarik visitor adalah "Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat" hal ini dikembangkan dari judul "Cara Menurunkan Bounce Rate Blog"

Jika sobat adalah pengguna blogspot, hal ini memang agak susah, karena blog membatasi jumlah kata tautan permanen seperti gambar dibawah ini

Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat
Bounce Rate



Lihat yang saya tandai merah diatas kiri, itu adalah judul yang ingin saya postingkan, namun apa daya, tautan permanen di sebelah kanan yang saya tandai kotak merah hanya bisa menampilkan sampai tips-ampuh-menurunkan-bounce-rate-blog.html saja. sedangkan dengan-cepat tidak dituliskan disana sebagai tautan permanen. untuk mengatasi hal ini sobat haruslah pintar dalam mengakali tautan permanen. di opsi tersebut ada tautan permanen khusus, pilih opsi yang khusus kemudian tuliskan judul yang sesuai dengan yang saya tandai di kotak kiri atas. untuk menuliskannya isi saja disana dengan format tips-ampuh-menurunkan-bounce-rate-blog tanpa http://, tanggal dan .html.

Jika sobat ingin tautan tetap pendek dan tidak ingin mengganti dengan tautan khusus, caranya adalah tetap menuliskan Cara Menurunkan Bounce Rate Blog, setelah postingan di share, kemudian edit, ganti judul di kiri atas dengan "Cara Paling Gila Menurunkan Bounce Rate Blog  Dengan Cepat"  hal ini tidak akan merubah tautan permanen, hanya akan merubah judul postingan saja. saya menganjurkan untuk memakai cara ini, karenan permalink atau tautan permanen yang panjang akan memberatkan robot crawler +Google

Perhatikan Kualitas Konten Atau Postingan Blog
Konten atau postingan yang berkualitas akan membuat pengunjung betah berlama lama di blog sobat, berbeda jika isi blog sobat adalah murni hasil copas dari blog lain. sekalipun awal awalnya tidak diketahui, lama lama pun pengunjung pasti akan mengetahui juga jika blog sobat hanyalah copas dari blog lain. postingan yang berkualitas adalah yang bisa memberikan pemahaman yang baik buat pembacanya. bukan postingan dengan bahasa planet dan alay. jika sobat memang tidak bisa menciptakan konten sendiri, silahkan ambil artikel dari blog lain, namun ceritakan dengan gaya bahasa sobat sendiri. jangan asal copas !!!

Tautkan Sebuah Postingan Dengan Postingan Lainnya
Tips yang terakhir adalah mentautan link dengan postingan lainnya atau sering disebut dengan internal link building. hal ini sangat bermanfaat untuk menahan pengunjung agar tidak segera meninggalkan blog kita. misalnya di postingan ini, selain memberi pemahaman tentang bounce rate dan tips menurunkan bounce rate dengan cepat saya juga memberi solusi untuk mendapatkan template yang loadingnya cepat dan sangat ampuh untuk menurunkan bounce rate, seperti di poin pertama tips ini diatas. selain dengan cara mentautkan on page post, sobat juga bisa mentautkan postingan lainnya dengan cara off page post, yaitu memberikan postingan atau artikel terkait dibawah postingan sobat.





Post Comment

Back To Top Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Blog Dengan Cepat